Kamis, 15 Februari 2018

Menghafal dengan Ayat

Bismillah, menghafal Al Quran adalah salah satu akhlak umat muslim. Saat ini, dunia semakin tua, dan sudah saatnya kita mempersiapkan diri menghadap Allah dengan bekal kita. Jika untuk perjalanan duniawi saja kita akan menyiapkan bekal terbaik dan minimal cukup, maka untuk urusan akhirat seharusnya lebih lagi.

Dari Sa’id bin Sulaim ra, Rasulullah SAW bersabda:
“Tiada penolong yang lebih utama derajatnya di sisi Allah pada hari Kiamat daripada Al-Qur’an. Bukan nabi, bukan malaikat dan bukan pula yang lainnya.” (Abdul Malik bin Habib-Syarah Ihya). 

Bagi Anda yang ingin menghafal dengan nyaman dan praktis, ada satu aplikasi yang bisa dicoba, yakni aplikasi  Ayat
Aplikasi ini bisa disetting pengulangan per ayat, memilih salah satu dari sekian banyak Imam.

Selasa, 13 Februari 2018

Mengajarkan Keteladanan dengan Kisah



Salah satu hal yang tidak tertolak anak adalah berkisah. Begitu banyak hal yang bisa diajarkan dari kisah-kisah ini untuk menumbuhkan karakter anak. Saya menggunakan aplikasi Cerita Anak Muslim ini kepada anak saya karena aplikasi ini memiliki beberapa kelebihan, diantaranya aplikasi Cerita Anak Muslim ini menyediakan berbagai macam cerita mengenai kisah islami yang mana kisah tersebut di kutip dari berbagai sumber yang sangat bermanfaat dalam menginspirasi anak dengan membaca dari berbagai kisah teladan sehingga anak bunda bisa mengambil pelajaran serta hikmah yang terkandung dari berbagai kisah yang ada di Aplikasi ini.
Jika ingin mengunjungi alamatnya bisa klik di sini Cerita Anak Muslim .
Beberapa Kisah yang ada di Aplikasi ini di antaranya adalah :
- Kisah Nabi Ayub yang sabar
- Kisah Nabi Yusup dan Zulaikha
- Qabil dan Habil
- Nabi Ibrahim dan Burung yang di bangkitkan kembali
- Nabi Uzair dan Keledainya
- Nabi Ilyas
- Nabi Musa dan Qorun
- Kisah Ibunda Nabi Isa AS
- Kisah Nabi Musa Mencari Ilmu
- DLL

Karena ini merupakan Aplikasi yang di tujukan untuk anak-anak dan masuk dalam kategori belajar anak maka sangat aman dan memiliki banyak sekali manfaat.

Catatan Keuangan


Dalam urusan rumah tangga, pencatatan keuangan adalah salah satu PR besar yang harus diperankan oleh istri sebaga manager keuangan. Pencatatannya seringkali luput dan tidak dikerjakan, padahal pencatatan keuangan ini adalah salah satu hal yang sangat penting. Dalam Al Quran pun masalah pencatatan untuk urusan muamalah ini dibahas dalam satu ayat yang sangat panjang dalam surat terpanjang dalam Al Quran.

QS Al-Baqarah (2) Ayat 282

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu bermu’amalah[179] tidak secara tunai untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kamu menuliskannya. dan hendaklah seorang penulis di antara kamu menuliskannya dengan benar. dan janganlah penulis enggan menuliskannya sebagaimana Allah mengajarkannya, meka hendaklah ia menulis, dan hendaklah orang yang berhutang itu mengimlakkan (apa yang akan ditulis itu), dan hendaklah ia bertakwa kepada Allah Tuhannya, dan janganlah ia mengurangi sedikitpun daripada hutangnya. jika yang berhutang itu orang yang lemah akalnya atau lemah (keadaannya) atau Dia sendiri tidak mampu mengimlakkan, Maka hendaklah walinya mengimlakkan dengan jujur. dan persaksikanlah dengan dua orang saksi dari orang-orang lelaki (di antaramu). jika tak ada dua oang lelaki, Maka (boleh) seorang lelaki dan dua orang perempuan dari saksi-saksi yang kamu ridhai, supaya jika seorang lupa Maka yang seorang mengingatkannya. janganlah saksi-saksi itu enggan (memberi keterangan) apabila mereka dipanggil; dan janganlah kamu jemu menulis hutang itu, baik kecil maupun besar sampai batas waktu membayarnya. yang demikian itu, lebih adil di sisi Allah dan lebih menguatkan persaksian dan lebih dekat kepada tidak (menimbulkan) keraguanmu. (Tulislah mu’amalahmu itu), kecuali jika mu’amalah itu perdagangan tunai yang kamu jalankan di antara kamu, Maka tidak ada dosa bagi kamu, (jika) kamu tidak menulisnya. dan persaksikanlah apabila kamu berjual beli; dan janganlah penulis dan saksi saling sulit menyulitkan. jika kamu lakukan (yang demikian), Maka Sesungguhnya hal itu adalah suatu kefasikan pada dirimu. dan bertakwalah kepada Allah; Allah mengajarmu; dan Allah Maha mengetahui segala sesuatu.”
Penjelasan:
Merupakan ayat terpanjang dalam Al Quran dan secara jelas berisi perintah praktek pencatatan dalam transaksi ekonomi. Ayat ini merupakan ayat yang paling terang-terangan membahas praktek akuntansi, terdapat 8 kata yang berakar dari kata mencatat ( كتب ) dalam ayat tersebut, sedang mencatat merupakan bagian dari fungsi utama akuntansi.

Dari uraian di atas, kita bisa simpulkan bahwa pencatatan keuangan adalah hal yang urgent bukan? Sebagai alat untuuk memepermudah pencatatan saya mencoba menggunakan aplikasi ini, karena secara tidak langsung keberadaan HP ini sangat membantu. Aplikasi untuk mencatat aktivitas keuangan, baik pengeluaran dan pemasukan. Aplikasi didesain dengan simple sehingga mudah digunakan tanpa mengurangi fitur penting.
fitur aplikasi :
*mencatat pengeluaran/pembelanjaan uang harian ( daily expense )
*mencatat pendapatan ( income )
*laporan pengeluran & pendapatan,
*menghitung selisih
*laporan per bulan
*export dan simpan laporan dalam format excel ( xls / spreadsheet )
*laporan semua aktivitas keuangan per transaksi, mempermudah anda untuk melihat riwayat pengeluaran sebelumnya
*edit & menambahkan kategori pengeluaran, pemasukan
*fitur pin sebelum masuk aplikasi
* desain simple dan mudah dipakai

jika ingin menggunakannya bisa download di catatan keuangan
 

Minggu, 11 Februari 2018

Belajar Sholat



Marbel Belajar Sholat merupakan aplikasi pendidikan untuk anak usia 4-8 tahun. Aplikasi ini membantu anak-anak belajar tata cara sholat 5 waktu. Bersama Marbel Belajar solat, anak-anak bisa belajar urutan setiap gerakan sholat beserta dengan doanya.

Aplikasi ini dilengkapi dengan narasi pendukung yang sangat bermanfaat bagi anak-anak yang belum lancar membaca. Setiap materi dilengkapi dengan narasi, sehingga anak-anak bisa belajar hanya dengan mendengarkan suaranya saja. Setelah mereka selesai belajar sholat, ada berbagai macam permainan seru menanti mereka. Lewat permainan ini, pengetahuan serta hasil belajar mereka bisa diuji.

Marbel menggabungkan konsep belajar dan bermain menjadi satu sehingga melahirkan cara belajar yang lebih menyenangkan. Materi akan disajikan dalam bentuk yang menarik dilengkapi dengan Gambar + Sound Narasi + Animasi untuk menarik minat anak-anak dalam belajar. Selanjutnya, mereka bisa mengasah kemampuan melalui permainan edukasi yang disediakan.

 
Sholat adalah kewajiban bagi setiap muslim yang memenuhi kriteria wajib. Sehingga mengajarkan sholat pada anak adalah kewajiban pula. Ada aplikasi menarik yang bisa mengajarkan anak untuk meneganl gerakan dan bacaan sholat. Dalam aplikasi ini pilihan menunya sebagai berikut;
- Morning Prayer (Subh / Shalat Subuh)
- Noon Prayer (Zuhr / Shalat Dzuhur)
- Afternoon Prayer (Asr / Shalat Ashar)
- Evening Prayer (Maghrib / Shalat Maghrib)
- Night Prayer (Isha / Shalat Isya')
- Teks dalam bahasa arab
- Teks terjemahan dalam tulisan latin
- Arti dalam bahasa Indonesia
- Permainan edukatif yang menarik.
- Gambar dan animasi yang menarik.
- Dilengkapi dengan Narasi untuk membantu anak-anak yang belum lancar membaca.
 
Bagi yang ingin mengunduh aplikasinya bisa copas di link berikut

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.marbelshalat&hl=in

Aplikasi Marbel ini sendiri adalah aplikasi pendidkan khusus untuk anak-anak usia 2 s/d 8 tahun. Bersama Marbel, anak-anak bisa belajar banyak hal dengan cara yang menyenangkan. Tersedia materi pembelajaran yang akan membantu anak-anak dalam belajar mengenal sesuatu misalnya saja huruf, angka, buah, sayur, hewat, alat-alat transpotasi, warna, dan masih banyak lainnya. Yang paling menarik dari marbel adalah : Permainan edukasi yang menyenangkan. Ada berbagai macam permainan yang akan menguji kemampuan mereka. Permainan itu terdiri dari : tepat cepat, ketangkasan, daya ingat, kecerdikan, asah otak dan masih banyak lainnya. Marbel dilengkapi dengan gambar dan animasi yang menarik, musik orisinil, serta narasi panduan yang berguna bagi anak-anak yang belum lancar membaca.

Sabtu, 10 Februari 2018

Konsultasi dengan Dokter di Rumah Sendiri


Menjadi ibu memanglah peran yang membutuhkan keahlian di berbagai macam skill. Salah satunya adalah keahlian dalam hal kesehatan anak.
Dalam sebulan, bisa beberap kali anak yang masih rentan dengan virus dan bakteri ini terserang penyakit. Mulai dari yang ringan seperti batuk pilek, hingga demam tinggi tak berkesudahan.
Aplikasi Halodoc bisa membantu kita untuk memperoleh akses kesehatan dengan mudah.
Terdiri dari 3 menu utama. Berikut adalah layanan  Halodoc:
Apotik Antar (Pharmacy Delivery): Beli obat, vitamin, alat medis, & kebutuhan bayi diantar langsung dari apotik terdekat ke tempat tujuan kamu hanya dalam 1 jam. Kategorinya pun sudah dicantumkan, mulai dari obat batuk dan flu, vitamin, kulit, suplememn, ibu dan anak, demam, p3k, wanita, kontrasepsi, maagh dan lambung dll.
Hubungi Dokter (Contact Doctor): Konsultasi kesehatan dengan dokter terpercaya, kita bisa tanya dokter umum dan tanya dokter specialis yang terpercaya dan terdaftar di IDI, kapanpun dan dimanapun. Tinggal chat dokter, bisa juga dengan call dokter atau video call dengan dokter terpercaya dari Halodoc. Di data dokter ini terdapat nama dan kontak dokter, jadwal praktek, berapa lama masa praktek, lulusan dari kampus mana, praktek dimana saja, jadi data dokternya terjamin.
Lab Service: Cek lab sekarang bisa dirumah! Sesuaikan hari, jam dan lokasi tes lab kamu, petugas lab terpercaya dari Prodia akan langsung datang ke tempat kamu. Hasil lab langsung ada di aplikasi Halodoc.
Sebagai ibu yang kadang agak susah keluar rumah dan bikin serta antri dokter yang lumayan, keberadaan aplikasi ini sangat membantu.

Jika ingin mencobanya bisa akses ke link berikut
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.linkdokter.halodoc.android

Go-Jek

Kalo lewat di jalananan sekarang, banyak banget driver-driver memakai kostum warna hijau. Yap, go jek. Pernah gak ngebayangin adanya aplikasi ini? Cukup dengan modal smartphone yang ada paket internetnya saja, kita bisa memanfaatkannya.
Aplikasi yang gak sekedar antar jemput penumpang, tapi juga bisa belanja via driver, kirim barang, panggil tukang pijat dan segala manfaatnya yang lain.
Saat anak sakit, dan suami sedang tidak di rumah, keberadaan go jek sangat bisa diandalkan, bisa pesan buat antar ke RS, bisa beli obat dan juga manggil tukang piat ke rumah.
Tak berhenti di situ, saat mau pergi kemana-mana, jauh dan tak tau arah, tinggal manfaatkan layanan go jek ini juga bisa membantu.
Di tengah pro kontra keberadaan go jek ini. Ada banyak kelebihan dengan adanya aplikasi ini. Semoga layananannya semakin memuaskan dan terimakasih banyak atas manfaatnya selama ini.

Jumat, 09 Februari 2018

NgeGambar Anime

Salah satu hobi saya dulu bikin karikatur. Meski tidak ikut aktif jadi crew majalah sekolah tapi alhamdulilah beberapa karya pernah nampang. Rasanya bangga aja kalo lewat di papan mading di jaman SMA, trus liat karya diliat sama orang lain, ya walaupun tujuan utama mereka lihat papan mading cari pengumuman gapapalah ya kelirik dikit, hahaha, dan ada juga yang pernah masuk majalah sekolah.
Sudah lama berselang gak pernah bikin karikatur, rasanya tangan juga mulai kaku.
Searching beberapa aplikasi anime dan taraaaa nemu aplikasi faceq di HP. di aplikasi ini kita bisa bikin wajah tokoh anime dengan berbagai ekspresi, sekalian mengenalkan nama-nama emosi ke anak secara aktif dan mereka terlibat langsung membuat karya tersebut. bagaiamana sih ekspresi marah, sedih, gemes, seneng, nagis, takut dan sebagainya.

Buat yang pengen nyoba-nyoba gimana aplikasi ini, bisa buka di alamat ini ya https://play.google.com/store/apps/details?id=com.miantan.myoface