MISI HIDUP DAN PRODUKTIVITAS

Alhamdulillah tak terasa sudah sampai di pekan ke 8 sekaligus pekan terakhir Matrikulasi Ibu Profesional batch #2. Di sini kami sama-sama belajar, belajar tentang "MISI HIDUP DAN PRODUKTIVITAS". Dan berikut NHW ke -8.

Setelah di materi sesi #8 kita belajar tentang bagaimana pentingnya menemukan misi hidup untuk menunjang produktivitas keluarga. Maka saat ini kita akan lebih menggali bagaimana menerapkannya secara teknis sbb :
a. Ranah aktivitas yang saya pilih berdasarkan apa yang telah saya tulis di kuadran SUKA dan BISA (NHW#7) adalah menulis, kenapa saya pilih ranah yang ini karen dengan menulis maka kita akan mengikat apa yang kita pelajari, dengan menulis kita bisa menginspirasi orang lain, dengan menulis maka kita akan bisa mempengaruhi pola pikir kia, dengan menulis maka kita akan mampu membentuk paradigma dan mindset seseorang, dengan menulis kita mampu berdakwan dan berjihad dengan pena, dengan menulis maka kita berupaya untuk hidup sesudah mati melalui tulisan tulisan kita.

b. Setelah ketemu satu hal di atas, maka jawaban pertanyaan “BE DO HAVE” saya sebagai berikut :
1. Kita ingin menjadi apa ? (BE)


Penulis, inspirator melalui tulisan tulisan, produktif dalam karya yang bermanfaat.

2. Kita ingin melakukan apa ? (DO)

Mencari banyak referensi dengan membaca, mencari ilmu dengan narasumber ahli secara langsung, pengamatan sekitar, aktifitas langsung di lapangan dan melaporkan temuan kita dalam bentuk tulisan.
Belajar dari ahlinya dan banyak berlatih serta tidak malas untuk menuangkan ide dan gagasan dalam bentuk tulisan.



3. Kita ingin memiliki apa? (HAVE)
Saya ingin memiliki karya, tulisan, buku yang berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca. Produktif dengan karya yang bermutu, dalam setahun menghasilkan minimal 1 karya dalam bentuk buku cetak.

c. Perhatikan 3 aspek dimensi waktu di bawah ini dan isilah:
1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)




Saya pernah membaca tulisan bahwa seseorang tanpa tujuan hidup itu hanyalah membuang waktu, kehidupan ini menjadi rutinitas yang membosankan karena tidak ada yang ingin dicapai dalam hidupnya. Karena itulah, kita harus memiliki capaian dalam hidup karena tujuan hidup kita sebagai hamba Allah adalah untuk beribadah kepadaNya, maka saya ingin menjadi pribadi yang diberkahi setiap jalannya, setiap aktivitasnya bernilai ibadah, berdaya guna, bermanfaat, dan menginspirasi sekitar.
 

2.Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan (strategic plan)
Menghasilkan buku-buku berkualitas sebagai pedoman orangtua dalam kerumahtanggan dan pendidikan anak serta menyebarkan kebermanfaatannya sebagai amal jariyah, amiin.

3. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun (new year resolution)
  • Rutin menulis 1 day 1 post (minimal)
  • Banyak membaca buku, seminar, berlatih kepada ahlinya
  • Membangun relasi dengan penerbit dan penulis senior 
  • Mengusai ilmu pendukung kejurnalistikan (jurnalistik, public speaking, fotografi)
Demikian NHW 8 saya, semoga bisa menjadi pedoman agar saya bisa bergerak dan produktif. Amiin.


###

"Mulailah dengan PERUBAHAN, karena pilihannya hanya satu BERUBAH atau KALAH."
Terimakasih,
Wassalamu'alaikum wr.wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fitrah Based Education

Gajah Abrahah

Watch