Mencari Telur-Telur Merah

Daun Hijau
Alhamdulillah, senang rasanya masih bisa ikutan kuliah di buncek, setelah kemarin di permainan pertama mencari telur-telur hijau dan bisa lanjut di permainan sekarang. Jika di permainan pertama kita diarahkan mencari aktivitas suka dan tidak suka, bedanya di permainan kali, dari aktivitas uka dan tidak suka tersebut ini kita mencari ketrampilan yang penting dan mendesak tidaknya bagi kita.
sekadar flashback, berikut diagram daun ranah suka dan tidak suka versi saya.
Rasanya tidak perlu saya uraikan lagi untuk uraian daun hijau tersebut. 







Dan sekarang saatnya kita beralih ke daun merah. Tidak jauh berbeda dengan daun hijau, pada diagram daun merah ini ada 4 kuadran, berikut penampakannya. 
Daun Merah 1
Dari bagan di atas, saya klasifikasikan beberapa ketrampilan yang mengacu pada Gambar Daun Hijau. Ada kuadran penting dan mendesak yang isi dengan beberapa ketrampilan penunjang seperti management waktu, management gadget, leadership, operasional, public speaking, setir mobil dan crafting. Semua ketrampilan ini menurut saya penting untuk segera dilaksanakan agar bisa menunjang tahapan pada Gambar Daun Hijau.
Sementara pada ranah tidak penting tapi mendesak, di situ saya tuliskan ada 3 hal yang aslinya menurut saya tidak penting, tapi saya harus bisa segera menguasai ketrampilan tersebut jika saya ingin menyukseskan harapan saya, seperti ketrampilan editing foto, video dan posting tulisan baik di medsos maupun media cetak. Bagi saya pengakuan karya oleh orag lain tidaklah penting, akan tetapi hal tersebut jadi ketrampilan mendesak yang harus saya kuasai agar tulisan atau karya saya yang lain semakin menarik dan saya jadi memiliki semangat untuk terus berkarya dengan level kualitas dan kuantitas yang lebih baik lagi dan semoga kebermanfaatannya bisa lebih luas lagi.
Bagitu pula di kuadran penting tapi tidak mendesak, ada 4 poin utama yang saya tuliskan, yakni memasak, IT, financial dan managemen kreatifitas. Hal ini semuanya penting untuk menunjang peran saya sebagai ibu maupun perempuan pada umumnya, tapi saya merasa hal ini tidak mendesak untuk saya pelajari saat ini karena ada hal lain yang harus saya kuasai lebih dulu.
Dan di kuadran terakhir adalah ketrampilan yang bagi saya benar-benar tidak perlu saya kembangkan, hehe, saya paling malas berurusan dengan dunia perkebunan dan kehewanan.
Dari semua kuadran di atas, saya ambil 5 ketrampilan yang penting dan mendesak untuk saya pelajari dan kembangkan saat ini, sesuai dengan gambar berikut. 
Telur Merah
Pada gambar di atas, ada 5 ketrampilan yang ingin dan akan saya kembangakan untuk diri saya, yaitu management waktu agar waktu saya bisa lebih efektif dan efisien. Management gadget, membatasi jam online dan tontonan saya agar waktu lebih produktif. DIY crafting agar bisa lebih sering quality time sama anak-anak, hal yang dulu sering saya lakukan namun karena sibuk dengan aktivitas sendiri jadi terbengkalai sekarang. Editing foto agar bisa bikin postingan yang menarik. Dan terakhir adalah posting tulisan untuk mengasah kemampuan menulis saya. Termasuk salah satu caranya adalah dengan mengaktifkan kembali blog ini.
Semoga bisa istiqomah. Amiin. :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fitrah Based Education

Gajah Abrahah

Watch