Telur Orange

Alhamdulillah Allah telah memampukan saya memasuki challenge telur-telur yang ke-3. Jika sebelumnya kita ditugaskan menemukan aktivitas yang membahagiakan di telur hijau, lalu dirumuskan untuk mencari ketrampilan dari aktivitas yang membahagiakan di telur merah, sekarang kita diajak untuk menemukan ilmu apa yang ingin kita kuasai dalam lima bulan ke depan. Rasanya pengen ngerombak lagi apa yang sudah ditulis, huhuhu, kalo gini caranya kapan bisa berlarinya ya , dikit-dikit rombak dikit-dikit rombak, ternyata gak cuma remaja aja yang bisa galau, galaunya emak-emak banyak juga, haha.
Sebelum saya lanjutkan menulis tugas saya, angkut sedikit quotes yang ada FB IIP ya.
BAHAGIA itu bukan segala sesuatunya harus berjalan dengan baik, tetapi bagaimana cara kita bisa memberikan respon terhadap apapun yang terjadi pada hidup kita dengan cara dan pola pikir yang baik

Oke, kita harus BAHAGIA. Dalam tugas kali ini, kita harus bisa menemukan strong why untuk hal di atas, agar apa yang kita rumuskan bener-bener berasal dari hati dan pikiran yang mendalam, gak sekedar asal jalan. Jadi ketika kita bisa menemukan strong why,  maka kita bisa merumuskan hal yang lebih spesifik, yakni kita bisa mencari sumber ilmu dan cara belajar yang gue banget.
Agak lama buat ngerjain ini dibanding tugas telur yang kemarin, selain harus mikir lebih dalam, ditambah juga ditinggal liburan jadi aroma-aroma santuy menggelayuti. Nah setelah liburan maka di detik-detik terakhir pengumpulan tersusunlah infografis berikut di telur orange, bismillah semoga bisa istqomah menjalaninya, amiin.

Kuadran Ilmu dan Metode Belajar

Tujuan belajar saya berdasar bagan yang telah saya susun di atas adalah ;
1.Bisa mendampingi tumbuh kenmbang anak dengan baik, membuat anak merasa bahagia dalam belajar dengan kreasi yang saya buat.
2.Bisa mengoptimalkan waktu agar waktu yang saya punya jadi produktif.
3.Bisa memanfaatkan gadget dengan baik dan produktif
4.Bisa menyalurkan ketrampilan menulis dan agar tulisan saya bisa bermanfaat
5.Bisa menyajikan inspirasi dengan media yang menarik (video, foto, tulisan)


Ilmu yang saya perlukan berdasar bagan yang telah saya susun di atas adalah ;
1.Ilmu manajemen sumberdaya manusia
2.Ilmu gizi dan kesehatan
3.Ilmu manajemen waktu
4.Ilmu komunikasi efektif
5.Ilmu komunikasi visual
6.Ilmu  Crafting
7.Ilmu Videografi, Fotografi, Literasi

Sumber ilmu yang saya perlukan berdasar bagan yang telah saya susun di atas adalah ;
1.Partner (nasehat orang tua, suami, sahabat, teman)
2.Komunitas
3.Grup diskusi
4.Buku literasi
5.Seminar, workshop
6.Aplikasi
7.Media informasi digital

Cara belajar yang gue banget berdasar bagan yang telah saya susun di atas adalah ; 
1.Susun ceklist  kebutuhan masing-masing ilmu dan buat indikator keberhasilannya
2.Monitoring ceklist yang telah dibuat.
3.Banyak ngobrol dengan rekan –rekan yang sevisi.
4.Perbanyak baca buku dan aktivitas bersama anak
5.Bikin challenge dan reward untuk diri sendiri



Ilmu
Daftar ilmu berdasar bagan yang telah saya susun di atas adalah ; 
1. Ilmu manajemen Sumber Daya Manusia
2. Ilmu manajemen waktu
3. Ilmu komunikasi
4. Ilmu crafting
5. Ilmu literasi


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fitrah Based Education

Gajah Abrahah

Watch