Tugas Ulat-Ulat Minggu ke-8

Seperti biasa, selalu ada kejutan di tiap pekannya saat kita belajar di kelas bunda cekatan ini. Menuju ujung perjalanan, sebentar lagi kita akan menjadi kepompong. nah kejutan di pekan ini adlah, kita meramu bekal semedi pada pasangan kita untuk bersiap menjadi kepompong.
Banyak kisah mewarnai pencarian pasangan ini, ada yang sekali tembak langsung cocok, ada pula yang ngambang tanpa kepastian beberapa waktu, pun ada teman yang cerita sudah menemukan belahan jiwa tapi terpaksa pisah karena gak cocok dan harus berburu pasangan yang lain. Uniknya lagi, di kelas ada jasa biro jodoh untuk mencari pasangan, hehe, luar biasa kan gimana perjuangan mencari pasangan itu.
Alhamdulillahnya saya termasuk orang yang langsung klik dengan pasanganku. Tak sempat ikut diskusi malam, waktu buka HP sudah heboh nyari pasangan, ada satu nama yang entah mengapa langsung terlintas di bayangan saya waktu itu. Teman sevisi yang saling mengisi, jeng Maul, thank's for becoming my buddy.

Pasangan yang dalam permainan ini disebut buddy, akan membantu kita untuk saling bertukar informasi, mengisi kekurangan dan mengobati kegalauan hati. Sebelumnya, saya perkenalkan dulu buddy saya, namanya Maulida, dari keluarga temanda, dari IP Jogja. Ibu muda nan energik ini memiliki dua balita, Ibrahim Fattah (4 tahun 4 bulan) dan Maria Sophia (3 bulan). Sebagai seorang istri abdi negara, jeng Maul punya kegelisahan. Dia ikut suami yang kerjanya nomaden, berpindah dari satu daerah ke daerah lainnya. Termasuk bulan depan ini, ada wacana dia akan ikut suami dinas di luar Jawa. 
Ada kekhawatiran yang membayanginya, tentang pendidikan  dan fasilitas pendidikan serta penunjang kegiatan anak di sana. Karena itulah, makanan utama jeng Maul ini adalah merancang permainan anak agar bisa optimal pendidikan anaknya dimanapun tempatnya, terlebih jika masuk daerah yang minim informasi dan akses ke luar. 

Rencananya, Maul akan menyekolahkan di lembaga pendidikan formal dikombinasikan dengan sistem HS untuk pendampingan anak. Sebagai bahan bacaan Home schooling, semoga link ini cukup membantu. Sebagai saran saja, sebaiknya bundanya ikut berbagai komunitas home schooler, karena kecanggihan informasi saat ini cukup terjangkau meskipun kita tidak bisa bertatap muka tapi keberadaan komunitas tersebut pasti akan banyak membantu.
 
Sebagai bekal merenung selama menjadi kepompong, ada beberapa makanan yang bisa disimpan. Untuk anak yang besar sedang enjoy dengan kegiatan STEM (science, tech, engineering, math). Beberapa ide main dian aplikasi ini mungkin bisa diperagakan. Untuk hobi baru belajar iqro ada banyak sekali printable dan video belajar huruf hijaiyah bersama kak Erlan di yufidtv bisa dipakai. .

Untuk masalah financial planning saya sarankan memakai aplikasi manajer keuangan agar bisa mengontrol arus kas keluar masuk kita, dengan mencatat sekecil apapun pengeluaran dan pemasukan kita, termasuk biaya parkir dan toilet serta receh sisa belanja yang mungkin luput tidak masuk anggaran. Berikut sedikit tips keuangan. Ada beberapa buku juga tentang panduan finacial planning, salah satunya karya teh Patra.
Untuk ilmu digital art ini saya rasa Maul cukup kompeten dan menguasai bidangnya, hanya sedikit referensi tentang tips design pemula dan artikel design software.
Cemilan berikutnya tentang portofolio anak, sebenarnya, saya pribadi ada keinginan untuk membuat tugas individu ini, akan tetapi waktu masih belum sempat, berikut saya berikan contoh tulisan teman saya tentang portofolio anak dan ada juga printable portofolio.
Satu cemilan tentang parenting yang saya persembahkan untuk buddy saya adalah literatur parenting nabawi untuk membersamai masa tamyiz buah hati dan kurikulum FBE, semoga bisa bermanfaat.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fitrah Based Education

Gajah Abrahah

Watch