Mendidik Dengan Kekuatan Fitrah



Bismillah, sampai juga akhirnya di NHW 4, sebenarnya saya sudah nulis tugas ini dua hari yang lalu tapi karena ada kendala teknis dan back up an tulisan gak ada, akhirnya nulis lagi deh, bismillah, semoga sambil meraba-raba bisa mengingat kembali pekerjaan yang lalu..

Sampai hari ini jurusan ilmu yang saya pilih masih tetap, saya mencoba konsisten untuk mendalami ilmu parenting, karena sejauh ini ilmu inilah yang paling saya prioritaskan untuk saat ini, selain itu juga karena ilmu ini dan ilmu lainnya saling terkait maka saya rasa pilihan saya untuk mendalami ilmu ini masih relevan dengan peran saya sebagai istri dan ibu.

Nah untuk masalah ngisi ceklist, hehe, pengakuan dosa, masih belum bisa konsisten untuk centangin secara fisik, tapi insyaAllah targetannya masih bisa berjalan, mungkin ke depan sebaiknya saya buat dalam bentuk printout saja seperti kebiasaan yang dulu karena ketika saya berniat papperless malah sulit terjamah, untuk buka laptop harus nunggu anak tidur, sementara ketika anak tidur seringnya saya ikutan ketiduran.

Poin ketiga NHW kali ini adalah menentukan misi dan peran kita, karena saya senang aktivitas craft and art bersama anak, terus juga senang dengan kegiatan tulis menulis sebagai upaya dokumentasi dan menginspirasi teman-teman yang lainnya maka 
Misi Hidup saya adalah menebar manfaat dan memberi inspirasi kepada orang lain (khususnya seorang ibu)
Bidang pendidikan anak (kreatifitas permainan dan belajar) serta kerumahtanggan (managemen rumah tangga yang baik, pola asuh, dsb)
Peran sebagai inspirator, author, dan crafter.

Berdasarkan tiga hal tersebut maka tahapan yang saya perlukan untuk menyusun misi hidup itu adalah saya harus mengusai tahapan
1. Bunda Sayang
2. Bunda Cekatan
3. Bunda Produktif
4. Bunda Sholehah

Dari 4 tahapan di atas maka saya memerlukan jam terbang yang memadai, dengan target 10000 jam terbang dalam keahlian masing masing untuk berlatih, mencari ilmu, praktek dan menuliskannya, saya tetapkan bahwa    titik KM 0 saya saat ini, 12 November 2016 dengan uraian sebagai berikut.

KM 0-1 (tahun 2016-2017) 
-> tahapan bunda sayang, dimana saya harus mampu menguasai ilmu seputar bunda sayang
Referensi : buku-buku parenting, buku tumbuh kembang anak, islamic parenting, tarbiyatul aulad, prophetic parenting, seminar parenting, artikel artikel parenting
Tokoh : Rasulullah, Ibu Septi Peni Wulandari, Ustadz Budi Ashari, Ustadz Bendri, Sara Risman, Wina Risman, Ayah Eddy
Produk : menyertai tumbuh kembang anak di setiap saat, ada dokumentasi tumbuh kembang anak

KM 0-2 (tahun 2017-2018) 
-> tahapan bunda cekatan, dimana saya harus mampu menguasai ilmu seputar bunda cekatan
Referensi : buku-buku dan seminar terkait managemen rumah tangga, fiqh wanita, buku kecantikan, buku kesehatan dan tata boga
Tokoh : Nabi dan sahabat
Produk : laporan keuangan tercatat dengan rapi, mampu bersolek sesuai syari, produk makanan yang sehat dan bergizi bagi keluarga

KM 2-3 (tahun 2018-2019) 
-> tahapan bunda produktif, dimana saya harus mampu menguasai ilmu seputar bunda produktif (baik karya maupun material) dan mandiri finansial
Referensi : buku-buku dan seminar parenting, buku bisnis
Tokoh : Rasulullah, Abdurahman bi Auf, Syafii antonio, Robert Kiyosaki, ustadz Budi
Produk : menulis buku dan punya usaha terkait

KM 3-4 (tahun 2019-2020) 
-> tahapan bunda salehah, dimana saya harus mampu menguasai ilmu seputar bunda salehah dan mampu menebar manfaat
Referensi : buku-buku parenting, buku bermasyarakat, public speaking, managemen event dll
Tokoh : Rasulullah dan sahabat, 
Produk : bermanfaat bagi masyarakat sekitar dengan ilmu saya, membagikan ilmu ilmu saya melalui forum diskusi atau mungkin seminar, insyaAllah

Alhamdulillah checklist di NHW 2 saya sudah mencakup itu semua, semoga saya mampu bermanfaat bagi umat dan konsisten dalam kebaikan, amiin..



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fitrah Based Education

Gajah Abrahah

Watch