Tahapan Menjadi Bunda Produktif

Manado, 30112016
Bismillah, alhamdulillah sampai juga di NHW ke 7, dengan mengacu pada NHW 1 sampai dengan NHW 6 tugas kita kali ini adalah mengkonfirmasi apa yang sudah kita temukan selama ini dengan tools temubakat.com. Setelah melakukan tes, berikut hasil yang keluar.

Berdasar hasil tes tersebut maka potensi kekuatan saya adalah sebagai berikut:
1. Analyst : berkaitan dengan hal ini dalam kehidupan saya, bakat saya mungkin adalah menganalisa diri dan keluarga berdasar data dan fakta sebelumnya, di sini adanya rekam jejak dan referensi ahli menjadi sumber data untuk pengambilan keputusan yang terkait
2. Arranger : saya senang dengan tugas pengaturan penempatan atau susunan acara, ketika masih aktif di kepanitian saya biasanya lebih sering di sie acara
3. Creator : dalam hal ini, saat ini saya senang membuat mainan sendiri bersama anak dan menciptakan hal hal baru di sekitar kami yang mungkin tidak terpikirkan orang lain
4. Designer : membuat desain atau rancangan adalah salah satu hobi saya, bahakan dulu ketika mau memilih kuliah awalnya pilih jurusan arsitektur, namun karena tak diterima, hehe akhirnya jadi arsitek peradaban saja dengan membangun keluarga, insyaAllah
5. Educator : saya senang berbagi ilmu, berdiskusi, memotivasi dan memberi inspirasi ke orang lain
6. Journalist : saya senang mengkomunikasikan ide saya melalui tulisan, alhamdulillah sudah pernah nerbitin buku tentang permainan anak, smoga ke depan bisa semakin produktif dengan menuliskan ilmu-ilmu lainnya
7. Strategist : dijelaskan bahwa sifat orang dengan bakat strategis adalah memiliki intuisi dalam memilih tujuan terbaik menuju tujuan

Berdasarkan hasil tersebut analisa tools menyebutkan bahwa sifat saya adalah senang memajukan orang lain (motivator), senang berkomunikasi, senang mempelajari hal baru, senang melayani orang lain dan punya intuisi dalam memilih jalan menuju tujuan, dan saya sependapat dengan hasil ini :). 

Sementara hasil tes potensi kelemahan saya adalah
1. Commander : saya bukan orang yang gentle dalam menghadapi orang lain, keras kepala dan saya akan lebih memilih mengalah daripada menimbulkan konflik di belakang
2. Mediator : masih terkait dengan sifat di atas, saya tidak suka ikut terlibat urusan orang lain (dalam hal ini sebagai mediator) apalagi jika hal itu berpotensi menimbulkan konflik bagi diri saya, saya akan bena - benar menghindarinya
3. Restorer : saya bukan orang yang terampil dalam hal mengembalikan fungsi semula suatu barang, atau service, kalau misal ada barang rusak biasanya saya akan mempermaknya dan beralih fungsi ke yang lain jika barang itu sudah tertangani ahlinya tapi tidak bisa dipakai
4. Safekeeper : terkadang saya memang teledor dalam keseharian
5. Seller : dalam hal jual menjual kalau anda penjual mendekati saya, gak usah banyak kata deh, kalo sudah teman biasanya saya akan beli, walaupun kadang gak butuh, hehe, tapi giliaran saya yang jualan, hmmm biasanya malah barang dagangan jauhnya jadi koleksi pribadi
6. Selector : orang dengan sifat ini memiliki intuisi dalam melihat keunikan seseorang,saya belum mampu meraba praktek dari hal ini ^^v

Berdasarkan hasil tersebut maka hasil analisisnya saya adalah orang yang tidak berani konfrontasi, tidak suka konflik, tidak punya empati, tidak rapi dan tidak teliti. Nah ini ada beberapa poin yang saya kurang sependapat, hehe (padahal saya sendiri yang ngisi, karena minimal jawaban yang diminta segitu, jadi saya maksimalkan, nah mungkin memang ada poin yang harus saya kembangkan lagi di sini)   .

Dari hasil tes temubakat, dan melihat hasil NHW 1-6, insyaAllah sudah sesuai antara hasil tes bakat dengan apa yang saya inginkan, tentang jurusan ilmu yang dipilih, strategi memperoleh ilmu, belajar sesuai fitrah, jadwal keseharian, misi hidup dan belajar menjadi manager handal kemarin. Sekarang tugas saya selanjutnya, ceklist kuadran yang saya suka-tidak suka dan bisa-tidak bisanya adalah sebagai berikut;
  
Demikian NHW ini saya buat, semoga mampu menjadi milestone menuju ke arah perbaikan bagi diri saya dan mampu menjadi ibu produktif. Aamiin..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fitrah Based Education

Gajah Abrahah

Watch