Aliran Rasa Komunikasi Produktif

Menjadi seorang ibu, berarti menambah jam belajar di bidang pendidikan dan pengasuhan anak.  Utamanya mengenai bahasa kasih seorang bunda. Jika sebelumnya kita hanya berfokus pada bahasa cinta dengan pasangan, ketika punya anak maka akan bertambah level bahasa kita. Dan salah cara menyampaikan bahasa itu adalah dengan adanya komunikasi yang produktif baik dengan pasangan maupun anak-anak kita.  Bagaiamana komunikasi produktif itu bisa terjadi? Tentunya kita perlu pembiasaan, latihan dan evaluasi.
Setahap demi setahap program matrikulasi telah berlalu, begitu banyak ilmu yang telah diajarkan di sini. Kali ini, memasuki tahap kelas selanjutnya, bunda sayang, materi yang pertama kali kami bahas adalah komunikasi produktif.
Selama ini saya merasa baik-baik saja dengan pola komunikasi saya, ternyata ada banyak kesalahan dalam pola berkomunikasi saya, hal ini tentunya berdampak pada hasil komunikasi dengan komunkan saya. Ada beberapa momen dimana saya miss understanding dengan lawan bicara, ada beberapa momen dimana saya salah mentransimikan maksud ke anak saya, dan tentunya hal ini berdampak buruk bagi sikap saya. Kalo sudah demikian bawaanya jadi bad mood seharian dan semua bisa jadi kena efeknya.
Nah dengan adanya materi komunikasi produktif ini saya belajar lagi dan lagi, memperbaiki sikap dan memperbarui pola komunikasi saya dengan pasangan maupun anak-anak saya agr lebih baik. game level komunkasi kemarin mengajarkan saya bagaimana pentingnya sebuah family forum itu dilakukan, apa outputnya dan bagaimana efek dari adanya forum tersebut. Jika kita tidak pernah membahas sesuatu secara bersama, ternyata kita akan terjebak dalam sudut pandang kita sendiri, padahal bisa jadi orang lain menginkan hal lain, meskipun itu dalam satu objek. Kadang, keengganan untuk merendahkan ego dan membuka komunikasi menguasai, tapi jika kita terbuka dalam brkomunikasi, ada kemungkinan lho kita, atau pihak komunikan lainnya bisa menerima. So, let's we discuss :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fitrah Based Education

Gajah Abrahah

Watch