Jumat, 23 Juni 2017

Belajar Sholat




Saya pernah baca tulisan teman saya yang dimuat di salah satu situs parenting terkemuka, tentang masjid ramah anak, ehm, iya sih sebagai orangtua kita memang wajib mengenalkan anak pada rumah ibadahnya. Namun kita sebagai orangtua pun perlu tahu kapan waktu yang tepat membawa anak ke masjid dan kapan harus menahan anaknya dari masjid. Saya pernah ditegur oleh tetangga saya, karena bawa duo bocil ke dalam masjid.
Kejadiannya saat itu kami habis lari-lari pagi, karena lelah, saya ajak anak-anak duduk-duduk di masjid. Dan langsung, mereka yang seolah tak pernah habis batreinya lari-larian ke sana kemari, bukan di jam sholat padahal, tapi saya langsung didatangi dan dinasehati bahwa masjidnya tidak untuk main anak-anak. Gusar? Iya, juga sih.
Lalu ada kejadian lagi, anak pertama saya tetiba kencing di karpet masjid pas ada pengajian ibu-ibu. Marah sama anak? Iya, tapi rasanya juga percuma.
Pernah juga, saat anak saya jadi makmum, dia sudah tau apa yang dibaca imamnya lalu anak saya menikuti dengan bacaan keras, entah karena tidak focus terganggu suara anak saya atau gimana bacaan imam tersebut jadi kurang tepat, dan benar apa yang saya khawatirkan kejadian, anak saya langsung nyeletuk kalo imamnya salah, harusnya begini, lalu sang imam mengganti dengan bacaan surat pendek, anak saya coment lagi loh belum selesai kok udah ganti lagi.
Kejadian terbaru, saat tarawih, anak saya yang kedua, baru rokaat satu sudah ilang dari sebelah saya, tak berapa lama terdengar tangisannya ternyata dia kecemplung di got karena lari-larian ikut embak embak, gelap dan gak kliatan dia langsung lari saja.

Dari kejadian di atas, saya sadar bahwa saya terlalu egois jika memaksakan diri untuk mengjaka anak kecil ikut sholat jamaah di masjid (apalagi tarawih), memang iya saya mau ibadah tapi saya juga harus menghargai yang lain dan tidak mengganggu ibadah mereka dengan ulah anak saya.
Kalaupun mau ibadah bersama saya harus cari posisi pw dimana anak anak merasa luang, nyaman, dan mudah akses keluar masuknya agar tidak mengnggu ibdah yang lain.

Bersyukur nemu buku ini, tentang adab-adab dalam sholat.
Dari abid, anak-anak saya belajar bahwa saat sholat harus mengikuti imam, sebelum sholat harus berwudhu, dan ada beberapa hal yang tidak boleh mereka lakukan dalam sholat.

#TantanganHari10
#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingsToChangeIMustChangeFirst


Tidak ada komentar:

Posting Komentar